Minggu, 14 Oktober 2012

Konsep Dasar New Media


DEFINISI NEW MEDIA 

         Merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Program televisifilm,majalahbukusuratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.

PANDANGAN TENTANG NEW MEDIA 

         Menurut pandangan saya , selaku pemakai atau pengguna "NEW MEDIA" . mengambil kesimpulan , bahwa new media pada masa sekarang ini sudah sangat membantu kita sebagai internet user . namun new media bisa bermanfaat jika kita menggunakan nnya sesuai dengan norma2 yang berlaku .

MANFAAT NEW MEDIA

          Manfaat dari new media contohnya untuk mempermudah pekerjaan terdaat pada fungsi dari komputer lalu barang - barang yang termasuk digital karena akan mudah untuk dikembangkan menjadi lebih luas.
New Media bermanfaat untuk semua kalangan bila pemakainya menggunakan untuk hal hal yang baik. Hingga dalam berbagai bidang pun New Media dimanfaatkan. Di antaranya :


 Bidang Pendidikan.
Dalam bidang ini new media sangat diperlukan sekali khususnya oleh pelajar ataupun mahasiswa untuk memperoleh ilmu. Salah satunya ketika membutuhkan materi bahan-bahan pelajaran. Kita dapat mencarinya secara lengkap melalui media internet yang dapat berupa artikel ataupun ebook

 Bidang Pencarian Kerja
Pada bidang ini New Media dapat membantu para pencari kerja, Melalui New Media, para pencari kerja bisa mengetahui lowongan-lowongan pekerjaan yang sesuai untuknya. Tanpa perlu lagi mencarinya melalui media cetak seperti Koran. Saat ini perusahaan-perusahan telah memiliki website. Hal ini dapat menguntungkan perusahaan itu sendiri ketika membutuhkan seorang tenaga kerja. Para pencari kerja pun jika ingin melakukan lamaran bisa mendaftarkan dirinya secara online.

 Bidang Sosial
Untuk bersosialisasi kita dimudahkan oleh New Media. SepertiFacebook, Twitter,My Space,Yahoo Messangger,Yahoo dan media sosial lainnya. melalui website tersebut kita dapat terhubung kepada semua orang dimana pun berada.

 Bidang Kesehatan
Dalam bidang ini untuk orang yang memerlukan info kesehatan dapat langsung mengakses website yang menyajikan segala tips tips kesehatan dan pengobatan secara lengkap.

• Bidang Perniagaan
New Media dapat dimanfaatkan juga dalam bidang ini. Contohnya dalam jual atau beli barang dan jasa. Penjual dimudahkan dalam menjajakan barang yang dijualnya  secara online tanpa harus turun ke lapangan. Pembeli pun dimudahkan hanya dengan mengakses saja barang yang dinginkannya. Proses pembayaran dapat dilakukan secara transfer melalui antar rekening bank.


KOMPONEN NEW MEDIA

       Komponen new media saat ini sudah sangat banyak dan mulai familiar dimata semua orang contoh nya seperti komputer dan handphone . karena hampir semua orang memakai dan memiliki nya.

APLIKASI NEW MEDIA

         Aplikasi new media pada saat ini sangat lah banyak contoh nya adalah sebagai berikut :

                 1.Facebook

Kata-kata ini sudah tidak asing ditelinga kita,dari anak-anak hingga orang dewasa berlomba-lomba membuat akun ini dan memperluas jaringan pertemanan. Disatu sisi,lewat jejaring ini kita bisa berbagi foto dan video.




2. Twitter

twitter
   
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.


Kekurangan New Media

1. Rawan akan pencurian data, karena data dikirimkan secara onlineotomatis semua orang bisa     mengakses hal tersebut. Contohnya sajahacker yang selalu saja bisa membobol privasi seseorang dan mencuri data data pentingnya.

            2. Virus, tidak dapat dipungkiri hal yang satu ini adalah yang paling sering ditemukan. Contohnya dengan mengirimkan aplikasi aplikasi yang tidak dikenal oleh user, ditambah dengan sikap penasaran si user tersebut untuk mencoba aplikasi tersebut yang ternyata adalah sebuah virus komputer.

                  3. Sifat malas, dengan mudahnya untuk mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita akan merasa malas untuk berpergian, karena semua tugas, pekerjaan semua bsia diakses dan dikerjakan secaraonline. Jadi hanya tinggal duduk di depan komputer dan mengerjakan tugas -tugas tersebut dan akan lebih cepat selesai tentunya.

Akan tetapi semua itu dikembalikan lagi kepada diri kita masing-masing bagaimana menyikapi, memanfaatkannya secara baik dan tidak menjadi seseorang yang malas akibat dari semua kemudahan-kemudahan yang diberikan dengan pemanfaatan new media.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes